Tips Menjaga Kehamilan Dengan Baik

  • Whatsapp
Tips Menjaga Kehamilan Dengan Baik

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kehamilan itu merupakan salah satu momen yang paling didamba-dambakan oleh setiap pasangan suami istri. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini adalah sebuah pertanda bahwa sebentar lagi kita akan dikaruniai seorang anak. Itu sebabnya, mengapa ibu hamil sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh selama kehamilan. Secara kebetulan juga, pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips seputar menjaga kehamilan dengan baik. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

Hindari Aktivitas Yang Berat

Tips pertama yang harus bunda ketahui dalam menjaga kehamilan dengan baik, yakni menghindari aktivitas-aktivitas yang berat. Mengapa harus demikian? Pasalnya, aktivitas yang berat ini akan membawa dampak yang buruk untuk kesehatan tubuh dan bayi dalam kandungan. Bahkan yang lebih gawatnya lagi, aktivitas berat tersebut sangat beresiko terhadap keguguran lho! Mengingat dampak buruknya yang begitu menakutkan, tentunya tidak disarankan bagi setiap ibu hamil untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang berat.

Perbanyak Istirahat

Nah, inilah jawaban bagi ibu hamil untuk tidak melakukan aktivitas berat, dimana mereka harus memperbanyak waktu istirahat. Namun, bukan berarti juga bahwa bunda harus bermalas-malasan lho! Dalam hal ini, setiap ibu hamil sangat dianjurkan untuk mencukupi waktu tidurnya dengan durasi 6 – 8 jam per harinya.

Mengonsumsi Makanan Yang Kaya Asam Folat

Menurut para pakar kehamilan, makanan yang kaya akan asam folat itu sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin selama kehamilan. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, asam folat tersebut dapat meningkatkan kecerdasan otak janin dalam kandungan lho. Lantas, makanan-makanan apa sajakah yang memiliki kandungan asam folat? Makanan-makanan yang kaya akan asam folat ini bisa bunda temui pada kentang, brokoli, kacang kedelai, kacang panjang, kacang merah, sayuran berdaun hijau, ikan salmon, daging merah, susu, yoghurt, keju, dan umbi-umbian. Anda juga bisa mengonsumsi vitamin seperti Blackmores Beastfeeding.

Kurangi Makanan-makanan Pedas dan Berminyak

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar wanita Indonesia itu sangat menyukai kuliner-kuliner yang pedas. Namun bagi ibu hamil, sangat disarankan untuk mengurangi atau menghindari makanan-makanan pedas atau berminyak seperti gorengan. Pasalnya, kedua makanan tersebut dapat membawa pengaruh buruk terhadap kondisi janin dalam kandungan.

Cukupi Kebutuhan Nutrisi

Nutrisi sangat diperlukan oleh setiap ibu hamil, karena fungsinya yang dapat mengurangi resiko cacat pada bayi lahir. Tak hanya itu, nutrisi ini juga dapat mendukung pertumbuhan otak janin selama kehamilan. Kandungan nutrisi tersebut bisa bunda temui pada sayuran berdaun hijau, buah-buahan, biji-bijian, dan daging merah. Atau, bunda bisa mengonsumsi produk-produk khusus ibu hamil seperti Blackmores Pregnancy Gold. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi, tentu saja akan sangat bagus untuk janin dalam kandungan.

Hindari Minuman Beralkohol dan Merokok

Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok merupakan sebuah kebiasaan buruk yang tentu saja dapat merusak kesehatan tubuh. Begitu pun dengan ibu hamil, dimana kedua kebiasaan buruk tersebut wajib dihindari.

Mengikuti Senam Kehamilan

Tips berikutnya yang wajib bunda ketahui dalam menjaga kehamilan, yakni dengan mengikuti senam kehamilan. Ya, senam kehamilan ini sangat dianjurkan pada kehamilan trimester, karena memiliki pengaruh baik ketika proses persalinannya nanti.

Nah, itulah beberapa tips menjaga kehamilan dengan baik. Dengan mengikuti tips-tips diatas tadi, semoga saja semuanya bisa berjalan lancar hingga proses persalinannya nanti.

Related posts