Minum Kopi Saat Radang Tenggorokan, Boleh?

Radang Tenggorokan

Ini aturan minum kopi saat sedang radang tenggorokan.

Ketika radang tenggorokan melanda, Anda akan merasakan nyeri dan kering pada tenggorokan. Saat itu terjadi, Anda tentu ingin asupan yang bikin tenggorokan lebih nyaman, seperti makanan atau minuman kesukaan. Para pencinta kopi mungkin jadi bertanya-tanya, bolehkah minum kopi saat sedang radang? Atau malah bisa memperburuk kondisi?

Sebelumnya, ketahuilah bahwa saat Anda mengalami radang tenggorokan, penting untuk tidak mengonsumsi makanan seperti kerupuk, roti kering, makanan berbumbu pedas, alkohol, dan sayuran mentah. Itu karena mereka dapat semakin mengiritasi tenggorokan Anda.

Lalu bagaimana dengan kopi? DilansirĀ Livestrong, jika tenggorokan terasa seperti terbakar, Anda dapat meredakannya dengan minum es kopi. Suhu dingin dapat membantu menyempitkan pembuluh darah yang bengkak.

Tapi jika tenggorokan terasa kering dan gatal, lebih baik hindari kafein karena bisa makin mengeringkan mulut. Bila Anda masih penasaran, bisa mencoba minum sedikit kopi untuk mengetahui apakah tenggorokan Anda makin kering setelah meminumnya. Tidak masalah jika Anda memang ingin mencobanya karena gejala radang tenggorokan tiap orang berbeda-beda.

Apabila tenggorokan makin tidak enak setelah minum kopi, Anda bisa mencoba minuman lain yang lebih menyegarkan, seperti:

  1. Air putih

Cukupi asupan air putih sebanyak 2 liter per hari untuk membantu mengatasi radang tenggorokan. Karena dehidrasi hanya akan membuat tenggorokan makin tak nyaman.

  1. Air hangat yang dicampur madu

Menurut penelitian, madu baik untuk meredakan peradangan. Namun, Anda harus meminum madu yang asli, atau madu yang tidak menggunakan pemanis buatan.

  1. Air garam

Air garam berguna untuk meluruhkan kuman di tenggorokan. Caranya, ambil setengah gelas air hangat lalu campurkan dengan setengah sendok makan garam. Berkumurlah dengan air garam ini beberapa kali dalam sehari.

Gejala dan keparahan radang tenggorokan tiap orang bervariasi. Bagi Anda yang merasakan rasa terbakar di tenggorokan, minum es kopi dapat membantu menyempitkan pembuluh darah yang bengkak. Tapi jika tenggorokan kering, minum kopi bisa bikin tenggorokan makin kering, jadi lebih baik pilih minuman lainnya agar cepat pulih.