Intip 5 Peran Penting Dokter Spesialis Gizi yang Jarang Diketahui

  • Whatsapp
Intip 5 Peran Penting Dokter Spesialis Gizi yang Jarang Diketahui

Gizi merupakan salah satu aspek asupan penting yang harus didapatkan oleh setiap tubuh manusia agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Oleh sebab itu, keberadaan dokter spesialis gizi atau ahli yang memiliki wewenang dalam menangani permasalahan pasien terkait gangguan gizi maupun terapi gizi memiliki peranan vital untuk menunjang kualitas kesehatan masyarakat. Sebelum dapat profesi sebagai dokter ahli yang menangani spesialis masalah gizi, Anda harus menempuh pendidikan sebagai dokter umum terlebih dahulu dan dilanjutkan studi berikutnya untuk memperdalam masalah gizi yang dapat ditempuh paling cepat minimal 6 semester.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa kompetensi yang telah dikuasai oleh dokter spesialis yang satu ini yaitu memiliki kemampuan untuk melakukan prosedur penanganan medis yang terkait dengan keluhan permasalahan kesehatan, memberikan diagnosa maupun menentukan tindakan pengobatan lanjutan yang paling tepat untuk pasien yang menderita gangguan kesehatan akibat kurang atau kelainan gizi.

Akan tetapi, sebelum menindaklanjuti penyakit gizi biasanya akan dilakukan berbagai pemeriksaan terlebih dahulu agar dokter tersebut mengetahui secara pasti penyebab dari penyakit yang diderita pasien maupun berbagai resiko yang mungkin terjadi Ada berbagai kondisi pasien yang nantinya akan ditangani langsung oleh dokter spesialis yang satu ini, seperti beberapa jenis gangguan kesehatan yang berkaitan dengan gizi berikut, antara lain:

Intip 5 Peran Penting Dokter Spesialis Gizi yang Jarang Diketahui

  • Gangguan sistem metabolisme dan fungsi organ.

Umumnya keluhan utama pasien yang mengalami kondisi penyakit ini adalah seperti gangguan pada saluran cerna, gangguan fungsi pankreas dan hati, penyakit saluran kemih dan masih banyak lagi yang harus mendapatkan persiapan nutrisi penuh dari dokter spesialis tersebut.

  • Masalah status gizi.

Berikutnya dokter spesialis yang satu ini juga akan memberikan malnutrisi pada para pasien yang memiliki kekurangan mikronutrien, obesitas, defisiensi maupun jika mengalami gangguan nutrisi pada fase kehamilan, menyusui dan para lansia.

  • Perawatan gizi karena kasus luka kronis.

Para pasien pasca kondisi darurat tertentu yang sampai mengakibatkan luka berat atau kronis akan menjalani tindakan operasi juga menjadi kewenangan dokter spesialis yang satu ini agar mendapatkan tingkat nutrisi cukup dan semua prosedur bedah dapat berjalan lancar.

  • Perbaikan gizi pada pasien yang terkena gangguan makan.

Umumnya jenis gangguan tersebut adalah anoreksia dan bulimia sehingga harus mendapatkan perbaikan gizi dari dokter spesialis yang satu ini agar terhindar dari gangguan dehidrasi berat maupun malnutrisi yang dapat memicu terjadinya penyakit lain.

Waktu yang dinilai paling baik untuk bertemu dan melakukan sesi konsultasi dengan dokter spesialis yang satu ini adalah saat Anda merasakan tubuh mengalami kelainan perkembangan akibat kurangnya asupan gizi yang berimbang. Maupun bagi Anda yang akan menjalankan program diet atau kesehatan lainnnya, maka sangat penting melakukan konsultasi terlebih dahulu agar dapat menentukan asupan gizi terbaik dan program tetap dapat berjalan lancar tanpa mempengaruhi kondisi kesehatan.

Ada berbagai hal penting yang harus dipersiapkan sebelum Anda berkunjung ke dokter spesialis gizi, seperti daftar pertanyaan yang nantinya akan Anda ajukan, riwayat kesehatan maupun berbagai dokumen pendukung lainnya yang dapat membuat pemeriksaan semakin akurat. Anda sebaiknya juga membawa semua jenis obat serta suplemen yang sedang dikonsumsi agar dokter spesialis tersebut dapat menentukan jenis terapi pengobatan yang tepat. Selain itu, pastikan Anda memahami semua anjuran atau resep yang diberikan dokter agar dapat menjalankan sesuai prosedur, baik resep dalam bentuk obat maupun jenis asupan makanan terbaik yang harus dikonsumsi setiap hari.

Related posts