Cara Mudah Merawat Tanaman Hias Outdoor

  • Whatsapp

siapa sih yang tidak suka bunga hias hidup?  Keberadaan tanaman hias di halaman rumah akan lebih memberikan sebuah kesan alami yang sangat fresh jika dibandingkan dengan tanaman palsu. Anda perlu mengetahui kalau tanaman hias outdoor itu senantiasa membutuhkan perhatian Anda merawatnya.

Merawat Tumbuhan Outdoor

Berikut ini terdapat cara merawat tumbuhan outdoor yang perlu Anda ketahui supaya tanaman tidak mati sebab hama serta cuaca yang sangat ekstrem

  1. Jaga Temperatur serta Kelembaban yang Tepat

Apapun jenis tumbuhan, sayur, buah-buahan, bunga ataupun tumbuhan hias semuanya tentu memerlukan temperatur serta tingkatan kelembaban yang cocok. Sebagai rutinitas cara menjaga tumbuhan yang baik, Anda wajib giat mencari tahu temperatur serta kelembaban yang cocok dengan jenis tumbuhan.

Supaya tumbuhan tidak berkembang pada cuaca yang salah terlebih bila diletakkan di luar ruangan. Memilih tumbuhan wajib dimulai dari pemilihan jenis tumbuhan yang cuma cocok dengan udara serta keadaan tanah yang Anda miliki.

  1. Jaga Kualitas Tanah

Salah satu hal yang bisa dilakukan buat menghindari tumbuhan terkena hama serta penyakit yaitu dengan melindungi kualitas tanah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan nutrisi organik, seperti kotoran hewan ataupun kompos alami secara teratur. Juga jangan lupa lakukanlah penyiraman tanah secara teratur supaya kualitas tanah tanaman hias outdoor senantiasa terpelihara serta tidak kering.

  1. Memangkas Rumput Liar

Jika Anda menggunakan tanaman outdoor maka Anda juga harus memperhatikan kehadiran dari rumput liar yang sangat mengganggu jadi pastikan tumbuhan Anda terhindar dari rumput liar. Untuk membuat tumbuhan Anda bebas dari serangan hama serta penyakit, rajinlah membersihkan ilalang ataupun rumput liar yang berkembang secara teratur.

  1. Mengidentifikasi Ciri Tumbuhan Hias

Untuk bisa merawat tumbuhan hias yaitu dengan mengidentifikasi lebih dahulu ciri tumbuhan hias. Alasannya, tiap tumbuhan hias mempunyai ciri yang berbeda-beda.

Sebab itu, Anda perlu mengenali varietasnya, jenisnya, rekomendasi temperatur, kelembaban, sinar, serta juga tata cara perawatan. Informasi ini bisa Anda ketahui lewat browsing di internet ataupun bertanya pada pakarnya.

  1. Pencahayaan yang Baik

Tanaman hias outdoor ini perlu mendapatkan sinar matahari yang cukup. Namun pencahayaan dari cahaya matahari ini wajib disesuaikan kualitas, durasi, serta intensitasnya.

Upayakan supaya tumbuhan hias ini tidak menemukan paparan cahaya matahari langsung sebab dapat membuat tumbuhan hias Anda layu ataupun daun-daunnya terbakar.

  1. Berikan Air Secukupnya

Air jadi hal yang cukup diperlukan tiap tumbuhan. Sebab itu, penyiraman tumbuhan hias ini cukup dibutuhkan. Tetapi keseriusan penyiraman juga wajib dicermati. Yakinkan jangan sangat sering juga menyiram tumbuhan hias Anda dengan air sebab dapat menimbulkan pangkal membusuk. Intinya kenali dahulu karakteristik tanaman Anda.

  1. Berikan Pupuk Sesuai Kebutuhan

Merawat tumbuhan hias tidak cukup dengan menyiram saja. Memberikan pupuk juga dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan tumbuhan.

Karena tumbuhan juga perlu nutrisi tambahan buat bertahan hidup serta tumbuh. Nutrisi ini bisa didapatkan dari pupuk, baik pupuk organik ataupun non organik.

  1. Jangan Terlalu Sering Memindahkan

Tumbuhan perlu lingkungan yang sesuai buat berkembang. Sebab itulah, jangan terlalu sering memindahkan tanaman Anda supaya perkembangannya baik. Terlalu sering memindahkan tanaman hias outdoor malah akan membuat tumbuhan jadi kurang bisa berkembang serta tumbuh dengan optimal.

  1. Pangkas Secara Berkala

Beberapa tumbuhan hias membutuhkan pemangkasan tangkai serta daunnya secara berkala. Ini perlu dilakukan untuk mengestimasi kemungkinan kurang baik yang menyerang tanaman Anda.

Tetapi yakinkan durasi yang tepat buat memangkas tumbuhan hias Anda supaya memperoleh hasil yang baik. Jangan sampai terlalu cepat ataupun terlalu lama.

Jadi seperti itulah beberapa cara merawat tanaman hias outdoor yang bisa Anda ketahui. Mudah-mudahan postingan ini bisa menolong Anda dalam merawat tumbuhan. Ingin menambah koleksi tanaman hias rumah Anda maka Anda bisa berkunjung ke Blibli karena di marketplace ini menyediakan berbagai macam jenis tanaman hias.

Related posts