Cara Mudah Agar ASI Berkualitas dan Banyak

  • Whatsapp
ASI Berkualitas

Ibu, si Kecil akan mendapatkan asupan makanan, sumber nutrisi, yang termasuk vitamin dan mineral dari air susu ibu atau ASI. Maka dari itu, ibu juga perlu memperhatikan asupan gizi yakni dari makanan yang ibu konsumsi sehari-hari supaya ASI yang dihasilkan banyak serta asi berkualitas, jadi si Kecil akan mendapatkan gizi yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

Akan tetapi, ibu juga tidak perlu khawatir apabila ibu belum bisa memproduksi ASI yang cukup untuk si Kecil. Ibu tidaklah mengalami hal ini sendirian, ini karena masalah misalnya seperti ini banyak sekali dialami oleh ibu-ibu saat menyusui lainnya. Ibu menyusui juga memerlukan nutrisi yang cukup tinggi yang dikonsumsi yakni selama masa menyusui. Yakni makanan juga merupakan hal yang paling penting yang perlu diperhatikan. Namun ibu juga harus mengonsumsi makanan seimbang seperti lemak, karbohidrat, protein, dan juga vitamin serta mineral yang didapatkan dari sayur dan juga buah-buahan.

Cara Supaya Produksi ASI Banyak dan Berkualitas

Ketika tubuh ibu memproduksi ASI, maka ibu juga memerlukan asupan yang lebih banyak ataupun membutuhkan kalori lebih banyak yang didapatkan dari makanan. Hal ini juga dikatakan oleh Angka Kecukupan Gizi pada tahun 2019, ibu menyusui juga dalam enam bulan pertama saat kelahiran bayinya juga membutuhkan tambahan energi yakni sebanyak 330 kkal, sedangkan dalam enam bulan kedua juga membutuhkan tambahan energi yakni sebanyak 400 kkal dari kebutuhan energi harian untuk perempuan dewasa untuk kebutuhan harian perempuan dewasa yang berusia 19-29 tahun adalah 2250 kkal. Tidak hanya makan makanan utama, namun ibu juga memerlukan beberapa makanan tambahan di sela makanan utama. Sumber makanan yang juga dapat ibu konsumsi misalnya seperti produk susu sapi seperti keju dan yoghurt, gandum, buah, sayur, daging, susu, . Misalnya menu makanan tambahan yang juga dapat Mama konsumsi misalnya seperti menu di bawah ini yang mengandung sekitar 500 kalori: berikut makanan yang bisa dikonsumsi:

  1. Mengonsumsi 2 potong roti gandum plus 1 telur rebus
  2. Mengonsumsi 2 gelas sayuran
  3. Mengonsumsi 1 gelas susu sapi
  4. Mengonsumsi 1 porsi buah-buahan

Hal ini juga sangatlah wajar jika apabila ibu merasa cepat sekali lapar yakni selama masa menyusui, hal ini karena tubuh memerlukan banyak sekali yakni energi untuk memproduksi ASI. Maka dari itu, penting sekali adanya snack time atau makanan tambahan yakni di antara tiga waktu makanan utama.

Related posts