Bukalapak

Cara Membuat Selai Coklat Mudah di Rumah

selai cokelat

Buat kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat selai cokelat dirumah. Tenang saja kami akan berbagi tentang 5 Cara Membuat Selai Cokelat Sendiri ala Rumahan atau Homemade sebagai berikut:

  1. Siapkan alat dan bahan

Untuk membuat satu toples selai cokelat yang nikmat, bahan yang anda butuhkan adalah cokelat bubuk, tepung terigu, susu kental manis cokelat, gula pasir, margarin (bisa diganti dengan minyak goreng), vanili, dan air. Usahakan untuk memilih bahan kualitas terbaik, terutama DCC (dark cooking chocolate). Jika anda menggunakan DCC (dark cooking chocolate), maka rasa, aroma, dan tekstur dari selai cokelat anda akan bagus.

Untuk alatnya, anda hanya membutuhkan sebuah panci anti lengket dan alat pengocok (whisk) untuk mengaduk selai.

  1. Campur bahan selai cokelat

Pertama-tama, campur semua bahan kering dalam panci anti lengket. Lalu masukkan susu kental manis yang sudah diencerkan dengan air yang, sambil masukkan DCC yang sudah dicincang/diserut halus. Aduk dengan gerakan memutar terus-menerus dalam api kecil sampai semua bahan tercampur rata dan tidak ada sisa tepung yang menggumpal.

  1. Masukkan margarin pada tahap terakhir

Setelah selai mulai terlihat kental dan mulai meletup-letup, kemudian masukkan margarin atau minyak goreng. Aduk terus sampai margarin meleleh dengan sempurna dan tercampur rata dengan adonan dari selai. Tunggu sampai selai benar-benar matang, lalu matikan kompor.

  1. Pindahkan selai ke dalam toples kaca

Jika selai sudah mulai benar-benar dingin, pindahkan selai ke dalam toples kaca yang kedap udara. Selain agar lebih mudah saat diambil, menyimpan selai didalam toples kaca juga dapat membantu agar selai bisa lebih tahan lama. Pastikan anda menutup kembali toples dengan rapat setelah mengambil/menggunakannya.

  1. Masukkan selai ke dalam lemari es

Sebenarnya, selai cokelat yang sudah matang sudah bisa langsung dikonsumsi. Hanya saja, saya sangat menyarankan agar anda memasukannya terlebih dahulu ke dalam lemari. Hal tersebut bertujuan agar tekstur selai menjadi lebih kental.

Selai coklat nikmat tidak harus berharga mahal kok. Dengan membuatnya sendiri, anda juga bisa tahu dan menakar jumlah gula yang digunakan. Jika anda membuat selainya sendiri dijamin lebih sehat, aman, dan tidak kalah enaknya dibandingkan selai coklat komersil yang dijual di pasaran.

Selai adalah salah satu jenis makanan yang diawetkan yang berupa sari buah atau buah-buahan yang sudah dihancurkan yang di dalamnya masih memiliki tekstur, dengan ditambahkan gula dan dimasak hingga benar –benar kental. Selai tidak dimakan begitu saja, melainkan sebagai bahan pelengkap untuk dioleskan di atas roti tawar atau sebagai isi untuk roti manis. Selai juga sering digunakan sebagai isian pada kue-kue seperti halnya kue Nastar atau pemanis pada minuman, seperti yogurt dan es krim.

Pektin yang dikandung dalam buah-buahan atau sari buah akan bereaksi dengan gula dan asam yang dapat membuat selai menjadi kental. Buah-buahan dengan kadar pektin atau keasaman yang rendah perlu ditambahkan pektin atau asam agar selai bisa menjadi kental.

Buah-buahan yang dijadikan selai biasanya buah yang sudah masak, tetapi tidak terlalu matang dan mempunyai rasa sedikit masam. Buah-buahan yang umum dijadikan selai, misalnya: stroberi, blueberi, aprikot, apel, anggur, pir, dan fig. Selain itu, selai juga bisa dibuat dari sayur-sayuran seperti wortel dan seledri.

Demikian yang dapat kami sampai semoga dengan ini bisa menjadi referensi baru buat anda mencoba untuk membuat selai cokelat sendiri yang pastinya dijamin lebih sehat, terima kasih atas perhatiannya.