Spesial Ramadhan

Cara Kerja Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar adalah perangkat elektronik kecil yang dikenakan oleh penyandang tunarungu di dalam atau di belakang telinganya. Alat bantu dengar membuat beberapa suara lebih keras sehingga seseorang dengan gangguan pendengaran dapat mendengarkan, berkomunikasi, dan berpartisipasi lebih penuh dalam kegiatan sehari-hari. Lalu bagaimana cara kerja alat bantu dengar  itu sendiri?

Cara Kerja Alat Bantu Dengar

Bagaimana Cara Kerja Alat Bantu Dengar?

Alat bantu dengar dapat membantu orang mendengar lebih banyak dalam situasi yang sunyi ataupun bising. Alat bantu dengar memiliki tiga bagian dasar yaitu mikrofon, amplifier, dan speaker. Cara kerjanya adalah alat bantu dengar menerima suara melalui mikrofon, yang mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan mengirimkannya ke amplifier.

Penguat meningkatkan kekuatan sinyal dan kemudian mengirimkannya ke telinga melalui speaker. Alat bantu dengar bekerja tergantung pada elektronik yang digunakan. Dua jenis elektronik utama adalah analog dan digital. Berikut ini adalah jenis-jenis alat dengar :

  1. Alat bantu analog

Alat bantu analog mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik. Alat bantu dengar analog  dapat disesuaikan dan dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan setiap pengguna. Bantuan diprogram oleh pabrik sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh audiolog.

Alat bantu dengar analog  yang dapat diprogram memiliki lebih dari satu program atau pengaturan. Seorang audiolog dapat memprogram bantuan dengan menggunakan computer dan Anda dapat mengubah program sesuai dengan lingkungan mulai dari ruangan kecil yang sunyi menjadi restoran yang ramai hingga area besar yang terbuka, seperti teater atau stadion.

  1. Alat bantu digital

Alat bantu digital mengkonversi gelombang suara menjadi kode numerik, mirip dengan kode biner komputer, sebelum memperkuatnya. Karena kode ini juga mencakup informasi tentang nada atau kenyaringan suara, bantuan dapat diprogram secara khusus untuk memperkuat beberapa frekuensi lebih banyak daripada yang lain.

 Sirkuit digital memberi fleksibilitas lebih pada audiolog dalam menyesuaikan bantuan dengan kebutuhan pengguna dan lingkungan mendengarkan tertentu. Bantuan ini juga dapat diprogram untuk fokus pada suara yang datang dari arah tertentu. Sirkuit digital dapat digunakan di semua jenis alat bantu dengar.

Apakah Anda memiliki gangguan di pendengaran? Carilah bantuan alat dengar di pusat alat bantu dengar untuk membantu Anda.