Apakah Air PDAM Memenuhi Kriteria Air Minum Sehat

  • Whatsapp
Air PDAM

Memberikan kualitas air minum terbaik bagi tubuh dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya kesehatan. Tubuh yang sehat akan terhindar dari berbagai macam penyakit serta memperkuat sistem metabolisme tubuh.

Sebaliknya, air yang tidak layak dikonsumsi justru memberikan banyak penyakit di dalam tubuh. Berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh air kerap menyerang area pencernaan yang tentunya dihindari oleh banyak orang.

Namun tidak sedikit orang yang acuh akan kualitas air, salah satunya dari sumber. Banyak dari masyarakat umum memilih air melalui PDAM sebagai alternatif atas minimnya air serta kontaminasi air tanah yang kian hari semakin memprihatinkan [1].

Lantas, apakah air PDAM layak dikonsumsi? Bagaimana kandungan yang terdapat di dalam air PDAM?

Air PDAM untuk Kebutuhan Konsumsi

Faktanya, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) bisa dikonsumsi namun dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Karena setiap PDAM memiliki perbedaan dalam pengelolaan air.

Untuk memenuhi kualitas air putih dibutuhkan sumber air yang aman serta teknik pengolahan air yang pas. Dibutuhkan beberapa kali penyaringan, tambahan zat serta proses filtrasi batu alam untuk mempengaruhi kualitas air [2].

Tidak jarang, banyak air yang tidak memenuhi kualitas air minum. Maka dari itu tidak disarankan mengonsumsi air PDAM secara langsung.

Meski demikian, ada beberapa PDAM yang layak untuk dikonsumsi sebagai air minum yang sehat. Bahkan, air PDAM Kota Malang memberikan jaminan bahwa airnya dapat diminum secara langsung [3].

Malang sendiri memiliki lokasi di kaki pegunungan atau dataran tinggi. Kontaminasi atau limbah sangat jarang ditemukan di daerah dataran tinggi karena memang jauh dari pemukiman padat serta lahan industri atau pabrik.

Cara Aman Mengonsumsi Air PDAM

Memang tidak semua air PDAM layak untuk diminum, namun pada konsepnya air yang sudah disaring atau filtrasi ini memenuhi salah satu syarat air layak minum yaitu kebersihan atau jernih.

Kandungan dari air PDAM sendiri berbeda juga di setiap daerah, namun masih dapat dikonsumsi dengan menerapkan berbagai cara [1].

Salah satu cara paling aman untuk mengonsumsi air PDAM adalah dengan memasaknya. Dengan proses pemasakan maka virus, bakteri dan mikroorganisme akan menghilang.

Pastikan juga air PDAM tidak mengandung berbagai kandungan asing seperti logam. Biasanya air yang mengandung logam memiliki warna yang agak keruh dan bau yang menusuk [2].

Kebanyakan perusahaan air PDAM sendiri menerapkan filtrasi batu mineral guna menyaring kandungan logam yang berbahaya. Konsumsi logam dalam waktu yang lama akan memberikan penyakit, seperti endapan di ginjal dan lama kelamaan membentuk batu ginjal.

Air tanah juga kurang disarankan apabila lokasi atau tempat mengambil sumber air berada di daerah padat penduduk. Sebaiknya mengonsumsi air putih pada lokasi yang terjamin atau bersih, biasanya terletak di kaki pegunungan [2].

Ada juga kandungan di air tanah yang mampu merusak organ tubuh seperti zat kimia, timah hitam, radioaktif, kapur, hingga logam berat. Lebih buruk, meski dipanaskan air tanah yang memiliki kandungan tersebut tetap mengandung zat kimia seperti logam dan kapur.

Tugas dari kebanyakan penyedia air PDAM yaitu memastikan air yang dialirkan aman untuk diminum melalui proses pemanasan atau masak. Namun tidak ada salahnya beralih kepada air yang sudah terjamin kesehatannya seperti air pegunungan [1].

Air pegunungan jauh dari kontaminasi limbah, kaya akan mineral, sudah melalui proses penyaringan alami dan sehat dikonsumsi oleh tubuh.

AQUA menyediakan air pegunungan terbaik melalui 9 kriteria, 5 syarat dan 1 tahun penelitian intensif oleh para ahli geologi dan geohidrologi. Pemilihan sumber mata air pegunungan juga melalui berbagai tes dan tentunya aman untuk dikonsumsi [4].

Lebih dari 45 tahun dipercaya di Indonesia dalam memberikan kualitas air minum terbaik, kini AQUA mengusung visi Indonesia Sehat dengan membawa kejernihan air di setiap tetesnya kepada konsumen [5].

Karena kesehatan berawal dari sini, bersama AQUA. Kalau kamu sudah minum AQUA hari ini?

Referensi:

  1. https://www.alodokter.com/belum-cukup-hanya-dengan-merebus-air
  2. https://www.sonora.id/read/421934333/dok-apakah-konsumsi-air-pam-setiap-hari-dapat-membahayakan-kesehatan?page=all
  3. http://pdam.malangkota.go.id/user/news/2/105/7
  4. https://www.sehataqua.co.id/produk-aqua/
  5. https://aqua.co.id/pengelolaan-sumber-daya-air-aqua

Related posts