Spesial Ramadhan

5 Prinsip Dasar untuk Meningkatkan Hasil Desain Ilustrasi

jasa ilustrator

Di ranah industri kreatif, kebutuhan akan jasa ilustrator cukup besar. Pihak yang membutuhkan berkisar pada pembuatan konten. Baik dari media online, publik figur, atau perusahaan yang bergerak di bidang ritel. Desain yang dibutuhkan bisa dalam bentuk ilustrasi wajah hingga produk. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kemampuan mendesain ilustrasi?

  1. Selalu Berpikir Out of the Box

Desain yang unik dan segar selalu dibutuhkan. Soalnya jenis desain tersebut tak akan punah meskipun zaman berganti. Meskipun tren penggunaan platform berganti ke versi yang lebih baru. Untuk mempertahankan kemampuan dalam mendesain ilustrasi yang unik itu salah satunya dengan sering berpikir out of the box.

Setiap manusia memiliki hasrat tersebut. Hanya saja, berhubung sejak kecil terbiasa diatur-atur, maka kemampuan itu cenderung terkubur. Selama masih hidup, belum terlambat kok. Ketika kemampuan berpikir out of the box terbuka, dengan sendirinya akan membuka celah baru yang bisa menginspirasi Anda setiap kali dibutuhkan.

  1. Fokus pada Banyak Sumber Berpengaruh

Bagaimana caranya mendapatkan banyak sumber untuk inspirasi pembuatan desain ilustrasi? Salah saatunya dengan sering-sering menyerap informasi seputar desain dari berbagai sumber. Pastikan sumber tersebut diangkat oleh kalangan yang ahli di bidangnya. Jadi, role model Anda bukan hanya satu. Sebaiknya lebih dari 10.

Ketika hanya menggunakan satu sumber berpengaruh, hasilnya cenderung sama. Semacam hasil menyontek. Ketika ingin menekuni profesi sebagai desainer, hindari kebiasaan tersebut. Tanpa disadari, bisa membuat kreativitas Anda macet. Akhirnya stuck di tempat. Sedangkan desainer lain yang seangkatan Anda sudah melesat begitu jauh.

  1. Lakukan Eksperimen Setiap Hari

Ketika ilmu sudah melimpah-ruah, dengan sendirinya akan banyak yang menggunakan jasa ilustrator Anda. Tidak hanya ilmu desain, tetapi juga bagaimana cara paling efektif untuk memasarkannya. Sembari melayani job-job dari klien, selalu sempatkan untuk bereksperimen setiap hari. Cara ini akan membuat otak kreatif Anda melar.

Cara ini sedikit mirip dengan teknik memelarkan otot bisep serta trisep pada sosok binaragawan. Jika sehari saja tidak latihan, kemampuan mereka bisa turun secara signifikan. Ironisnya, orang yang pertama menyadari adalah diri mereka sendiri. Sebaiknya cara ini Anda jadikan patokan khusus agar tiada hari tiada berkembang.

  1. Biasakan Membuat Konsep Desain yang Asli

Desain yang asli itu selalu diburu karena memiliki sisi orisinalitas. Sedangkan pengikut atau follower selalu ada di belakang. Semakin banyak yang meniru, justru semakin bagus. Asalkan brand image Anda sebagai desainer ilustrator sudah kuat. Kalau belum kuat, fokuskan dan kerahkan kreativitas Anda untuk membangun brand image agar tidak mudah ditiru.

Brand image yang kuat bisa menjadi barrier to entry (penghalang masuk) untuk para kompetitor. Strategi ini sering diterapkan oleh para pebisnis di bidang ritel karena saking ketatnya persaingan. Tapi soal keaslian konsep serta desain, wajib Anda rawat apa pun kondisinya. Menjadi pengikut memang mudah. Tapi untuk maju, Anda butuh kemampuan yang lebih dari itu.

  1. Sabar saat Memberi Sentuhan agar Lebih Detail

Desain ilustrasi yang detail selalu tampak luar biasa. Soalnya terkesan kompleks, penuh makna, dan tampak nyata. Seolah-olah potret asli. Seorang desainer yang mampu menjaga kemampuan ini terbilang masih langka. Kebanyakan hanya membuat desain yang biasa-biasa saja. Kemudian dijual. Hasil desain yang detail, di mana pun berada, pasti mahal harganya.

Apakah Anda saat ini sudah membuka jasa ilustrator? Kalau belum, segera mulai. Ciptakan brand image Anda sendiri. Semakin banyak orang tahu bahwa Anda ahli di bidang desain ilustrasi, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan banyak klien. Tapi sebagai perkenalan, coba tawarkan jasa Anda via marketplace khusus freelancer seperti di Fastwork.